Andai Saya Menjadi Fahri (Ayat-ayat Cinta 2)



[ariirawan.com] “‘Aisha telah pergi, pergi meninggalkanku, mungkin suatu hari nanti, kau ‘kan datang untukku…’ Teett.. Aisha – Five Minutes.”

Dari berjualan tempe, tahu gejrot, gado-gado, krupuk melarat, sampai es cendol, akhirnya saya bisa menjadi dosen di universitas ternama di Skotlandia. Saya ngikut tinggal di kota Edinburgh ini karena Aisha, istri pertama saya. Bukan hanya keberagaman agamanya, dia suka sekali tinggal di sini karena ngga ada tagihan air alias gratis. Bener loh. Jadi, kalau kamu masih ngeluh karena tagihan air, pindah saja ke Skotlandia.

Ternyata eh ternyata, meski sudah menikah dengan Aisha, saya terpaksa menjalin hubungan LDR dengannya. Dia minta izin buat ngobeng di Negara tetangga. Katanya, teman kuliahnya sedang mengadakan hajatan besar-besaran sampai jalan utama dibuat portal sehingga siapa pun yang melewati jalan itu harus putar arah cari jalan alternative. Jadi ya sudahlah, saya izinin, tapi sampai sekarang dia ngga balik lagi, mungkin sudah punya doi baru. Entahlah.

Sebagai dosen, hari ini saya harus ngisi kelas, ada mata kuliah, saya sudah tahu tapi mahasiswi saya tiap menit selalu ngingetin saya terus lewat WA, apa engga bosen. Dia kira saya sudah tua apa diingetin terus.

Sampai masuk di kelas, para mahasiswa langsung nyanyi tangan ke atas tangan ke samping tangan ke depan duduk yang rapi. Sudah rapi begini,  saya minta izin salat dulu, di dalam kelas. Tapi saya lupa ngga bawa sajadah, untungnya saya bawa jaket Manchester United bisa buat sajadah. Bukan ngga mau ke masjid, tapi kalau ke masjid dulu, banyak waktu terbuang, kan sayang, ujung-ujungnya nanti minta jam pengganti. Heran, jam kok diganti-ganti.

“Oke, terima kasih sudah menunggu saya salat. Sesuai tugas kemarin, kalian harus membaca buku Kupu-kupu di Secangkir Kopi. Apakah ada yang belum membacanya?”

Kelas menjadi hening, seperti kuburan.

“Sekali lagi, apakah ada yang belum membacanya? Silakan angkat tangan!”

Kemudian ada dua cewek mengangkat tangan.

“Kenapa belum baca? Tahu kan akibatnya kalau ngga baca?”

Belum dijawab oleh kedua cewek itu, seorang cowok langsung memotong.

“Prof. Fahri ini gimana sih..”

“Eits, nama saya Ari, Fahri itu buat nama di sertifikat. Panggil Prof. Ari, tidak masalah beda dua huruf ini.”

“Bodo amat dah,” sikat cowok itu. “Jadi Prof Fahri, eh, Ari, Anda ini gimana sih, udah salat di kelas sok pamer-pamer gitu, sekarang harus baca buku Anda, wajib beli pula, dosen kok sukanya jualan buku ke mahasiswanya.”

Biasa deh, mahasiswa ini dari dulu tingkahnya memang aneh. Hobi banget nyerocos, padahal isi kepalanya kosong, nyari sensasi saja.

“Anda ini, UAS saja dapat nilai 4,5, kalau beli buku saya kan bisa nambah-nambah nilai. Atau mau saya kasih remedial saja,  hah?!”

Tanpa sanggahan lagi, dia diam, kelas kembali hening. Dua mahasiswi itu masih mengangkat tangan. Karena sudah jujur, maka saya kasih dua buku gratis. Mereka terlihat kaget sekaligus senang. Saya senyumin saja.  Para mahasiswi pun menatap saya dengan tatapan ngga biasa. Saya jadi sedikit salah tingkah.

Beberapa lama saya jadi dosen di sini, makin banyak mahasiswi yang meminta selfie. Saya sampai capek harus senyum terus di depan kamera. Saat mau pulang pun banyak sekali yang ngasih saya kue. Kue paling favorit yaitu kue putu. Sampai-sampai ada yang ngasih kelapa sama parudannya, suruh marud sendiri katanya.

Tapi ngga semua berjalan mulus, cowok yang suka nyerocos itu kadang terlihat sinis sama saya. Suatu ketika dia sempat memojokan dan menguji saya dengan pertanyaan, “kenapa suatu hubungan kadang banyak yang menjalin secara LDR, apa untungnya?”

Belum juga saya jawab, di pojok sana ada mahasiswi  yang tiba-tiba langsung nyelip pembicaraan.

“LDR itu bukan hanya hubungan jarak jauh dan melatih kesabaran, tapi memberi kesempatan kita untuk selingkuh,” kata mahasiswi itu percaya diri. Hmm kok cewek itu terasa asing ya, di kelas ini saya belum pernah melihatnya.

Dan seisi kelas pun tercengang dan terkagum-kagum mendengar penjelasan panjang lebar mahasiswi itu. Maka setelah jam selesai, saya baru tahu dan baru ingat, dia masih kerabatan dengan Aisha. Namanya Hulya. Ternyata dia diam-diam nyelonong masuk kelas cuma pengen ketemu saya.

Setiap pulang, saya selalu diantar oleh seorang asisten. Namanya Halusinasi, sesuai namanya dia suka sekali berhalusinasi, agar lebih mudah maka saya sering memanggilnya Halusi. Soal dunia pernyetiran dia jagonya, tapi ada rasa takut karena dia suka berhalusinasi. Apalagi saya takut kalau mobil Fortuner saya sampai nabrak tiang listrik.

“Apa ngga ganti saja mobilnya, Hal, mobil Fortopolio misalnya.”

“Tenang wae, Ri, mobil ini kuat, kalau sampe nabrak juga kepala kita paling banter benjol segede serabi.”

Jadi ya sudahlah, ngikut saja. Dalam perjalanan pulang, saya melihat ada cewek pakai penutup wajah. “Dia itu penggemarnya Hatake Kakashi,” cetus Halusi. Kan benar, dia sukanya berhalusinasi saja. Mobil terus melaju. Tiba-tiba saya melihat cewek lagi. Kok banyak sekali perempuan di mana-mana sih. Mobil berhenti. Kali ini cewek itu namanya Keira, saya kenal dia tetangga saya. Siapa tahu dia butuh tumpangan.

“Sudahlah, paling dia lagi nunggu ojek online.”

Saya samperin dia yang sambil megangin tas biola. Kata  Halusi, isinya bukan biola tapi smartphone gede buat main Mobile Legend. Hmm jadi keinget Aisha yang dulu suka main CoC.

“Lagi apa, Neng?” kata saya.

“Gak!”

“Suka main ML ya, Neng?”

Kaget. Tiba-tiba gue mau ditampar, untung ditahan Halusi. Apa ada kata-kata saya yang salah? Cantik-cantik tapi judes banget ini cewek, galak pula. Tapi karena ketampanan saya, akhirnya dia pengen juga ngikut ke mobil pulang bareng.

Sesampai di rumah, ternyata sudah ada teman saya dari kampung. Sebut saja namanya Untung. Dia santri yang paling beruntung sepesantren dulu di Jawa. Selalu beruntung dari hukuman mengintip santri cewek mandi. Dia bercita-cita pengen makan Buah Iblisnya Absalom yang bisa menghilang itu.

“Gila gede banget rumah lu, Ri,” katanya saat dipersilakan masuk. “Pasti lu punya pohon duit ya..”

Au ah.. Padahal saya sudah cerita kekayaan ini punya siapa.

Untung numpang bermalam di rumah. Semalaman saya ngga bisa tidur. Tetangga sebelah berisik banget teriak “Yees gue dapet Hero baru.” Hmm pasti ini si Keira sedang main Mobile Legend. Katanya dia sangat berbakat sekali main ML. Maka saya berpikir, gimana kalau diam-diam les privatin saja dia, bakat seseorang ngga boleh dibiarkan bagitu saja. Jadi, diam-diam saya kasih deh dia guru private Mobile Legend.

Esoknya, ketika keluar rumah, mobil Fortuner saya penuh dengan coretan pilok. Sudah biasa diginiin terus. Begini tulisan-tulisannya:

“Awas.. Jaga Jarak”, “2 Anak Cukup, 2 Istri Bangkrut”, “Pulang Malu, Ngga Pulang Rindu, Ngga Pulang-pulang Istri Malah Kawin Lagi”, “Terima Sedot WC”. Sudah keterlaluan memang dia. Saya sudah tahu kok siapa biangkeroknya.

Ya sudahlah. Kekesalan saya hanyut sudah ketika Hulya selalu datang ke rumah. Lumayan kadang ada yang bikinin teh anget. Apalagi ketika saya bertemu penggemar Kakashi itu, namanya Sabrina. Ternyata Sabrina ngga punya tujuan hidup mau ke mana, jadi mau ngga mau saya ajak tinggal di rumah buat jadi pembantu. Karena di rumah ada Sabrina, maka si Hulya sering banget main ke rumah. Dia care banget pokoknya. Tapi saya masih inget bahwa saya masih punya Aisha, istri pertama saya yang entah sekarang di mana.

Kelamaan digantungin begini, si Untung menasihati saya biar cepat nikah lagi. “Sekuat apapun laki-laki, dia tidak bisa hidup sendiri, perlu pendamping hidup, Ri, pendamping hidup…”

Ah dia ini kalau menasihati orang lain gampang sekali, padahal dia sendiri sampai sekarang masih jomblo. Soal jodoh, ternyata nasibnya ngga seberuntung namanya. Tapi nasihat Untung ini bikin hati saya terbuka kembali. Setelah istiqarah tujuh hari tujuh malam, saya memberanikan diri melamar Hulya. Hulya girang bukan kepalang. Ciee..

Tiba hari pernikahan itu akhirnya saya bertemu jodoh lagi, Hulya. Akad berjalan lancar. Resepsi berjalan mantap. Dari arah tangga, terlihat Sabrina lari terbirit-birit.

Beberapa bulan berlalu saya masih menikmati keromantisan ini bersama Hulya di ruangan sambil menonton televisi. Sedikit kaget sekarang Keira sudah menjadi artis berkat Mobile Legend-nya. Di suatu acara Talk Show, Keira mengadakan sayembara, “siapa pun orang yang membuat saya sampai seperti ini, kalau cowok, saya ingin menikahinya.”

“Yess..” cetus saya.

“Yes apanya?” Hulya Heran.

“Eh.. Ngga.. Nggapapa.”

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Ngakak banget kak 😅😅😅
    Kapan nih aku dapet novel gratisnya?

    BalasHapus